Urutan Make Up untuk Kulit Kering

Posting Komentar

make up glowing untuk kulit kering

Salah satu tujuan dari penggunaan make up adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri. Namun bagi pemilik kulit kering, pemakaian make up justru sering menimbulkan masalah baru. Misalnya, make up retak (cracking) atau bahkan sampai mengelupas. Lantas, apakah pemilik kulit kering sebaiknya tidak memakai make up? Tentu saja boleh, asal tahu urutan make up untuk kulit kering yang tepat. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan make up yang flawless di bawah ini.

make up glowing untuk kulit kering


Urutan Make Up untuk Kulit Kering yang Tepat

1.     Skin Preparation

Mempersiapkan kulit sebelum make up adalah hal yang sangat penting bagi kulit jenis apapun. Untuk kulit kering, hal yang harus ditekankan adalah melembapkan. Oleh karena itu, produk yang digunakan harus mengandung bahan yang bisa melembapkan kulit seperti hyaluronic acid, glyserin, petrolatum, ceramide, glycolic acid, dan aloe vera.

Pertama, cuci wajah dengan produk yang mengandung salah satu bahan di atas. Rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit kering antara lain: Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash, Whitelap Brightening Facial Wash, Wardah Hydra Rose Gel to Foam Cleanser, dan Cetaphil Gentle Skin Cleanser.

Kedua, aplikasikan toner yang mengandung bahan pelembap. Contohnya, Wardah Lightening Face Toner, Hatomugi Skin Conditioner, Avoskin: Your Skin Bae Mugwort + Cica, dan Skintific 4D Hyaluronic Acid Barrier Essence Toner.

Ketiga, gunakan serum setelah toner menyerap ke kulit. Rekomendasi serum yang bisa digunakan adalah Avoskin: Your Skin Bae Niacinamide 12% + Centella Asiatica, Avoskin: Your Skin Bae Hyacross, Skintific 4D Hyaluronic Acid Hydrating Serum, dan Somethinc Hyaluronic 9+ Advanced + B5 Serum.

Keempat, moisturizer. Meskipun sudah menggunakan toner dan serum, terkadang masih belum cukup untuk membuat make up tanah lama tanpa cracking. Oleh karena itu, penggunaan pelembap sangat amat dianjurkan sebelum menggunakan make up bagi pemilik kulit kering. Pelembap yang dapat kamu gunakan adalah Skintific MSH Niacinamide Brightening Moisture Gel, Skintific 5X Ceramide Barrier Moisture Gel, Skin 1004 Madagascar Centella Asiatica Cream, dan Laneige Waterbank Moisture Cream EX.

Terakhir, sunscreen. Jika kamu ingin beraktivitas di dalam ruangan, maka kamu bisa memakai sunscreen dengan SPF 30. Misalnya Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ dan Emina Sun Protection SPT 30 PA+++. Jika beraktivitas di luar ruangan, maka lebih baik menggunakan sunscreen SPF 50 dan waterproof. Produk yang bisa kamu pertimbangkan adalah Wardah UV Shield SPT 50 PA++++, Somethinc Holyshield! UV Watery Sunscreen Gel SPF 50 PA++++, dan Azarine Hydramax-C Sunscreen Serum SPF 50 PA ++++.

2.   Primer

Untuk make up sehari-hari, rangkaian skin preparation di atas sudah cukup sebagai dasar make up. Namun, jika kamu ingin menghadiri suatu acara yang membutuhkan make up berat, maka primer sangat diperlukan untuk memastikan make up tampak flawless. Primer yang bisa kamu gunakan adalah Studio Tropik Flawless Priming Water, Make Over Hydration Serum, dan Maybelline Baby Skin – Instant Pink Transformer.

 

3.   Concealer

Kamu bisa mengaplikasikan concealer sebelum atau sesudah mengaplikasikan foundation/chusion. Jika kamu ingin menutupi bekas jerawat, kemerahan, lingkaran mata hitam, atau flek, maka kamu bisa memakai concealer sebelum mengaplikasikan foundation/chusion. Namun, jika kamu ingin menciptakan ilusi wajah yang berdimensi, maka kamu bisa menggunakannya setelah foundation. Concealer yang penulis rekomendasikan adalah Rose All Day The Realest Lightweight Concealer dan Esqa Flawless Liquid Concealer.

 

4.   Chusion/Foundation

Untuk kulit kering, akan lebih baik jika kamu menggunakan foundation/chusion yang mengandung bahan pelembap dengan dewy finnish. Contohnya Make Over Powerstay Demi Matter Cover Cushion, Make Over Hydrastay Glow Cushion, Somethinc Copy Paste Breathable Cushion.

 

make up glowing untuk kulit kering
sumber: makeoverforall.com

5.   Blush On

Ada berbagai jenis blush on di dunia kecantikan. Ada powder blush, liquid blush, cream blush,  dan stick blush. Untuk kulit kering, akan lebih baik jika menggunakan blush yang basah seperti liquid blush dan cream blush. Powder blush akan mudah memudar di kulit yang kering. Sementara stick blush kerap mengangkat make up yang sudah ada di wajah karena teksturnya lebih padat.

Rekomendasi blush untuk kulit kering adalah Wardah Colorfit Cream Blush dan Make Over Hydrastay Liquid Tint Blush.

 

6.   Lip Products

Pemilik kulit kering bisa menggunakan produk bibir apa saja, dari mulai lip cream, lipstick, lip tint, lip gloss, maupun lip balm. Jika bibirmu kering, maka disarankan untuk menggunakan petroleum jelly atau lip balm terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan lip cream atau lip stick matte.

Jika bibir dalam keadaan sangat kering, penulis sarankan untuk melakukan eksfoliasi bibir terlebih dahulu dengan lip scrub untuk membuang sel kulit mati di bibir. Hasilnya bibir akan menjadi lembut dan bebas kerutan ketika diaplikasikan lip products. Lip scrub yang bisa kamu gunakan adalah Emina Sugar Rush Lup Scrub dan Somethinc Coffeeinc Lip Scrub.

Untuk perawatan bibir kering sehari-hari, kamu bisa menggunakan masker bibir setiap sebelum tidur. Kemudian sisa produknya dibersihkan setelah bangun tidur. Lip mask yang bisa kamu gunakan adalah Laneige Lip Sleeping Mask.

 

7.   Powder

Bedak untuk kulit kering sebaiknya memiliki partikel yang sangat halus. Hindari penggunaan bedak dengan matte finnish karena akan menyebabkan make up crack. Rekomendasi bedak untuk kulit kering adalah YOU Noutriwear Silky Pressed Foundation dan Make Over Silky Smooth Translucent Powder.

 

8.   Setting Spray

Setting spray sangat diperlukan untuk mengunci make up agar tidak bergeser. Setting spray yang bisa kamu coba adalah Studio Tropik DreamSetter Glowy 2.0 Pollution Protection Make Up dan Luxcrime Glow Getter Dewy Setting Spray.

 

Nah, sekarang kamu tidak perlu khawatir make up crack lagi. Dengan urutan make up  untuk kulit kering yang benar, kamu masih bisa tampil dengan make up flawless! Semoga tips di atas membantu ya. Produk-produk di atas dapat kamu temukan di sini. Yuk, dicheck out mumpung promo!

Related Posts

Posting Komentar