Cari Cuan dengan Modal Kecil. Mahasiswa Wajib Tahu!

2 komentar

 

usaha mahasiswa modal kecil

Sebagai mahasiswa, pasti suka banget dong jajan? Iya gak? Haha. Tapi tiap jajan suka merasa bersalah karena ngabisin uang orang tua. Padahal orang tua udah kerja banting tulang, eh kita malah asyik jajan. Supaya gak merasa bersalah banget, lebih baik nyari uang sendiri yuk!

Ada beberapa ide bisnis untuk cari cuan dengan modal kecil yang bisa dilakukan oleh teman-teman mahasiswa.

usaha mahasiswa modal kecil


1. Jasa Cek Turnitin

Mahasiswa mana di jagat raya ini yang gak butuh cek plagiasi? Tidak ada, bung! Jadi ide bisnis ini pasti laris manis di kalangan mahasiswa. Kamu bisa memasang tarif Rp 2.000 – Rp 5.000 untuk tiap file yang dicek. Modalnya juga gak besar kok. Di E-Commerce banyak orang yang menjual jasa turnitin per tahun. Harganya mulai dari Rp 80.000 – Rp 120.000.

Bagaimana cara menjalankannya? Mudah. Kamu hanya perlu beli jasa pengecekan turnitin di E-Commerce. Setelah itu buat promosi di sosial media. Supaya lebih menarik, kamu bisa membuat poster yang memuat informasi penting seperti jam operasi, tarif, dan narahubung. Saya sendiri pernah membuka bisnis ini. Mudah kan?

2. Jasa Joki Parafrase

Ide bisnis cari cuan dengan modal kecil selanjutnya adalah jasa joki parafrase. Jasa ini sangat menjanjikan. Kenapa? Karena mahasiswa yang tidak “sempat” melakukan parafrase pada tugas mereka itu pasti ada. Jadi permintaan akan jasa ini pasti banyak. Namun, kamu harus hati-hati ya. Sebab, kebanyakan perguruan tinggi tidak memperkenankan mahasiswanya untuk meminta bantuan orang lain untuk memparafrase tugas mereka.

Warning: Jangan pernah buka jasa parafrase untuk skripsi, proposal, atau tugas-tugas besar lain. Sebab, hal ini sangat riskan jika ketahuan.

3. Jasa Penerjemah

Kalau kamu pandai bahasa asing, kamu bisa tuh melamar menjadi penerjemah. Kamu bisa melamar menjadi penerjemah buku, novel, atau komik. Bahkan banyak juga job penerjemah untuk konten-konten di youtube. Kuncinya adalah pandai bahasa asing dan mau mencari informasi.

4. Content Creator

Zaman sekarang semuanya serba digital. Hanya berawal dari konten, kamu bisa membangun bisnis loh. Contohnya Mang Rafael Duta Seblak. Awalnya beliau hanya coba-coba buat konten resep seblak coet. Ternyata banyak yang suka dengan resep beliau sehingga akhirnya beliau bisa membuka bisnis seblak. Promosinya dilakukan secara besar-besaran melalui konten tik tok. Keren kan?

5. Jual Buku

Mayoritas perguruan tinggi sudah menerapkan kuliah tatap muka. Ini kesempatan untuk kamu untuk jualan buku ke teman-temanmu. Caranya mudah. Kamu hanya perlu menawarkan diri sebagai koordinator untuk mengurus pembelian buku secara kolektif. Nah, nanti harga buku yang kamu tawarkan bisa dinaikkan sedikit supaya kamu bisa dapat untung sekaligus menutupi biaya pengiriman.

Besar dong modalnya? Nggak dong. Jadi sistemnya seperti PO. Baayar dulu, nanti baru dipesan.

6.       Make Up Artist untuk Wisuda

Untuk kamu yang jago make up, boleh tuh buka jasa make up untuk teman-teman yang mau yudisium dan wisuda. Sebab, pasti akan ada banyak orang yang antri untuk meminta jasa salon. Karena keterbatasan sumber daya manusia, biasanya salon tidak mampu menampung semua permintaan. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan menampung kelebihan demand tersebut.

Pertama, siapkan perlengkapan make up sesuai kebutuhan. Kedua, riset gaya make up yang banyak disukai. Ketiga, riset harga pasar. Keempat, tentukan harga dan tingkat keuntungan. Kelima, promosi. Pada tahap promosi ini, kamu bisa memanfaatkan sosial media sebagai lapak promosi. Contohnya, video make up tutorial, make up transformation, testimoni, hingga poster. Jangan lupa untuk memanfaatkan koneksimu semaksimal mungkin untuk membantumu promosi ya. Terakhir, evaluasi kinerja.

7. Jasa Print

Kalau kamu ngekos di lingkungan mahasiswa, buka jasa print-printan cukup worth it loh. Siapa sih mahasiswa yang gak butuh ngeprint tugas? Kamu bisa buka jasa print di tempat kamu ngekos. Apalagi kalau toko ATK jauh dari kos, pasti para penghuni kos akan memilih ngeprint di tempat kamu daripada harus repot-repot ngojek.

Caranya mudah kok. Kamu hanya perlu menempel tulisan “Buka Jasa Print.” Dijamin pasti ada kok yang mengetuk pintu untuk meminta jasa kamu. Dulu teman saya pernah membuka jasa ini. Omzetnya lumayan loh bisa sampai Rp 1.000.000 per bulan.

8. Bimbel

Untuk kamu si anak cerdas, kamu bisa banget memanfaatkan kecerdasanmu untuk membuka jasa bimbingan belajar. Jasa ini bisa kamu tawarkan kepada teman seangkatan atau adik tingkat. Honornya bisa didiskusikan sesuai kesepakatan. Kalau menurut teman saya yang pernah mencoba ide bisnis ini, honornya minimal Rp 500.000,- per bulan untuk satu orang. Bayangkan kalau kamu punya lima murid? Lumayan kan, bisa dapat Rp 2.500.000,- dalam sebulan.

9. Jasa Pembuatan Logo

Untuk kamu yang pandai ngedit, boleh banget buka jasa desain logo. Biasanya para UMKM banyak banget yang butuh jasa ini loh. Skill yang perlu disiapkan selain kemampuan desain adalah kemampuan komunikasi. Sebab, setiap desain bisa memiliki tarif yang berbeda-beda, tergantung dari tingkat kesulitan pembuatannya.

10.  Jual Makanan Ringan

sumber: freepik.com


Bagi kamu yang suka masak, boleh nih dicoba ide bisnis untuk mahasiswa ini. Kamu bisa membuat makanan yang banyak disukai orang, misalnya gorengan, basreng, keripik pisang, dan sebagainya. Nanti, daganganmu bisa kamu titip di kantin. Keuntungannya bisa bagi hasil sekian persen dengan pemilik stand di kantin. Modalnya juga murah, tidak sampai satu juta. Sederhana kan?

 

Penutup

Demikian ide bisnis untuk cari cuan dengan modal kecil yang bisa dicoba oleh teman-teman mahasiswa. Mudah kan? Untuk memulai bisnis tidak perlu langsung besar. Cukup mulai dari yang kecil dulu saja. Yang penting, ada peminatnya. Yuk, mulai berbisnis!

Kalau teman-teman ada yang punya pengalaman menjalankan bisnis yang saya sebutkan di atas, boleh banget sharing di kolom komentar ya. See you.

Related Posts

2 komentar

  1. Wahh para frase bisa jadi cuan ya sekarang? Keren banget, asal jangan promo di grup yang ada asdos atau dosen aja. Bisa kena skak langsung 😂

    BalasHapus
  2. Wih, ide bisnis yang keren nih. Aku mahasiswa juga, ide yang cocok nih

    BalasHapus

Posting Komentar