Ngomongin Niche & Istilah Blog

 


Serba-Serbi Blog

Dalam proses rekrutmen kelas ODOP Blogger Squad atau OBS, sejauh ini sudah dibuka dua kelas. Kelas pertama membahas tentang big why dan adab blogger. Kelas kedua mengangkat niche dan istilah blog sebagai topik. Kelas OBS kali ini dibawakan oleh narasumber kawakan dari One Day One Post, yaitu Pak Yonal Regen.

 

Diskusi Santai terkait Istilah Blog dan Niche

Seperti biasa, kelas kedua diadakan di grup whatsapp Oprec OBS. Kelas dimulai pukul tujuh malam. Pak Yonal membagikan materi berupa gambar yang tampilannya seperti power point. Jadi kesannya seperti melihat presentasi materi sungguhan. Perbedaannya hanya pada cara penyampaiannya saja, di mana Pak Yonal menyampaikan materi berupa teks, bukan secara verbal seperti presentasi melalui zoom atau tatap muka.

Pak Yonal menjelaskan materi secara berurutan per poin. Penjelasannya pun singkat, padat, dan jelas. Jadi, para peserta yang sebagian besar merupakan pemula di dunia blogger merasa  lebih mudah memahami materi yang disampaikan.

 

Mengenal Istilah Blog

www.winayaamerta.blogspot.com

Ada sejumlah istilah blog yang dijabarkan oleh Pak Yonal selama kelas berlangsung. Yang pertama ada platform. Platform itu, kalau menurut pemahaman saya, adalah lapak blog yang kita pilih. Contohnya ada blogspot dan wordpress.

Istilah kedua adalah template. Template ini merupakan desain blog kita secara keseluruhan. Perumpamaan sederhananya semacam tema yang ada di ponsel itu. Template ini ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Semua orang bisa akses template yang sama.

Wah, apa itu berarti ada potensi kita punya desain tampilan blog yang sama dengan orang lain? Tentu saja tidak. Sebab, meskipun template ini ibarat tema siap pakai, tapi blogger masih bisa memodifikasi desain template sedemikian rupa sehingga tampak unik dan punya ciri khas dibandingkan dengan blogger lain.

Setelah itu ada meta deskripsi dan dashboard. Meta deskripsi berfungsi untuk memberikan penjelasan singkat terkait konten di dalam halaman web. Di sisi lain ada dashboard, yang merupakan kontrol utama dari blog.

Istilah lain yang juga dibahas oleh Pak Yonal adalah header dan footer. Saya pikir fungsinya sama dengan yang ada di microsoft word. Ternyata fungsinya beda. Header bisa berupa menu yang ada di bagian atas halaman. Sementara footer merupakan tampilan bagian bawah halaman web.

Kemudian ada sidebar/widget. Widget biasanya ada di bagian samping konten utama. Lalu ada Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA). Kedua hal itu merupakan parameter kualitas konten suatu blog (tools SEO).

DA menunjukkan peluang ranking blog. Lalu PA menampilkan skor PA suatu blog.

Lantas apa itu SEO? SEO atau search engine optimization merupakan suatu teknik yang digunakan untuk mengoptimasi suatu web dengan kata kunci yang ditentukan oleh pengguna. Terakhir ada backlink, yaitu tautan yang mengarah ke website kita.

 

Memahami Niche Blog Kita

www.winayaamerta.blogspot.com

Pada kelas ini, Pak Yonal menjelaskan dengan telaten apa itu Niche. Niche adalah topik blog. Ada blog yang membahas topik yang spesifik. Ada juga blog yang membahas banyak topik. Blog yang membahas banyak topik ini disebut sebagai blog lifestyle.

Setiap jenis niche akan diberikan satu contoh oleh Pak Yonal. Misalnya untuk blog lifestyle, Pak Yonal memberi contoh blog beliau sendiri, yaitu yonalregen.com. Blog Pak Yonal sendiri membahas empat topik, yakni keluarga, pendidikan, sustainability, dan teknologi.

Sementara itu, untuk contoh blog dengan niche spesifik ada pilihbuku.com. Blog milik kak Jihan, salah satu senior di ODOP, hanya membahas seputar buku saja.

 

Tips-Tips terkait Niche

Banyak peserta Oprec OBS yang bertanya terkait niche ini. Apakah domain perlu disesuaikan dengan domain? Jawabannya tidak. Namun, domain yang berhubungan dengan niche akan lebih disukai google. Selain itu, menurut tambahan dari Kak Jihan, niche yang spesifik bisa membantu dalam hal branding. Namun perlu diingat, bahwa pemilihan domain yang paling baik adalah domain yang mudah dihafal dan ditulis.

Lantas, apakah ada niche yang punya potensi kuat untuk tenar? Tidak ada. Sebab setiap niche pasti akan menemukan pembacanya masing-masing. Yang perlu dioptimalkan adalah kualitas dari artikel kita dan konsistensi kita dalam membagikan informasi di website kita.

 

Lantas, Apa Niche Blog Saya?

Untuk niche ini, awalnya saya ingin membuat blog dengan niche lifestyle. Namun, sepertinya saya tidak akan bisa fokus jika bahasannya ada banyak. Dulu, saya pernah tidak sengaja menemukan kutipan seorang penulis terkenal dari luar negeri. Saya lupa siapa nama beliau. Yang saya ingat hanya kutipannya saja. Beliau berkata, mulailah menulis tentang apa yang kamu sukai.

Kalau soal hal yang saya sukai sih ada banyak ya. Namun, ada hal yang sangat saya sukai, yaitu teknologi dan kecantikan. Saya suka teknologi karena sangat membantu manusia menghemat waktu dan tenaga. Sementara produk-produk dan tips kecantikan membantu manusia untuk merawat tubuh mereka dengan baik.

Ah, haruskah saya membahas seputar teknologi saja? Sayangnya saya hanya tertarik tentang laptop, ponsel, dan teknologi rumah tangga. Sedangkan bahasan terkait dengan teknologi itu luas sekali.

Jadi saya ubah lagi keputusan saya. Saya berencana untuk mengambil topik seputar dunia kecantikan saja. Namun, rasanya sayang sekali jika keinginan saya untuk berbagi informasi seputar teknologi tidak tersalurkan. Sebab, saya yakin banyak pembaca yang akan terbantu dengan informasi yang saya bagikan ini.

Haruskah saya buat dua blog? Satu blog khusus membahas teknologi. Satunya lagi membahas kosmetik. Ah, tapi kalau dipikir-pikir lagi, saya masih awam. Mengurus dua blog sekaligus terasa terlalu berat bagi saya. Bayarnya juga double haha. Kantong mahasiswa saya menjerit nanti. Akhirnya saya kukuhkan niat saya untuk memilih lifestyle sebagai niche blog saya.

Nantinya, blog saya akan membahas dua topik utama, yaitu teknologi dan kecantikan. Selingannya adalah postingan terkait tugas di OBS ini.

Untuk teknologi, saya akan fokus membahas terkait alat-alat yang sangat membantu manusia dalam beraktivitas sehari-hari. Contohnya ponsel pintar, laptop, alat-alat rumah tangga, serta perabot canggih. Ulasan yang akan terkait spesifikasi umum, harga pasar, analisis kualitas, serta nilai estetika dari setiap produk yang diulas.

Kemudian untuk topik kecantikan, nantinya akan membahas seputar produk untuk mengatasi masalah kulit berdasarkan jenis kulit, ambang harga, serta estetikanya.

Related Posts

Posting Komentar