Lika Liku Mengubah Domain Blogspot Menjadi Custom Domain

Posting Komentar

Seperti yang pernah saya ulas di postingan sebelumnya, salah satu syarat menjadi anggota ODOP Blogger Squad adalah memiliki domain Top-Level Domain atau TLD.

TLD sendiri merupakan versi upgrade dari website gratisan. Apa bedanya website gratisan dan berbayar? Perbedaan yang paling mendasar terletak pada alamat website. Kalau masih gratisan, biasanya ada embel-embel blogspot. Jika sudah TLD, maka embel-embel itu tidak ada lagi. Contohnya website saya ini. Awalnya domain website ini masih www.winayaamerta.blogspot.com. Setelah custom domain, embel-embelnya hilang menjadi winayaamerta.com.

Awalnya saya pakai wordpress. Namun mengingat harga dan kompleksitas yang belum bisa saya gapai, jadi saya beralih ke blogspot. Memang benar kata para senior di OBS, blogspot itu lebih user friendly daripada wordpress.

Dulu saya pikir, untuk upgrade ke website TLD itu seperti upgrade aplikasi di ponsel pintar. Cukup satu kali klik maka tampilan langsung berubah. Oh, tidak semudah itu ferguso! Ada banyak twist and turn selama proses upgrade itu.

Penasaran bagaimana prosesnya? Check this out!

Pilih Website Jual Beli Domain Terpercaya

Ada beberapa website yang direkomendasikan para senior di kelas OBS materi kelima ini. Ada hostinger, niagahoster, rumahweb, idwebhost, dan lain-lain. Saya memilih niagahoster. Alasannya karena sudah survei di website lain, ternyata harganya tidak beda jauh. Ditambah lagi, nama niagahoster sudah sangat familiar di telinga. Bahkan posisinya selalu ada di halaman pertama pencarian google.

Setelah menentukan pilihan website jual beli domain apa yang akan dipilih, selanjutnya adalah log in. Supaya mudah, saya log in dengan akun google.


Membeli Domain

Nah, di sini saya melakukan kesalahan. Awalnya saya kira, baik pengguna blogspot maupun wordpress, semuanya harus membeli custom domain dan hosting sekaligus. Jadi saya langsung pilih paket personal di niagahoster.

Niagahoster menawarkan tiga durasi paket. Mulai dari satu tahun, dua tahun, dan tiga tahun. Tentunya semakin panjang periodenya maka semakin murah harganya jika dihitung per bulan. Namun saya masih belajar. Ada niatan kembali ke wordpress di masa depan jika saya sudah mahir dengan dunia blog. Selain itu, budget saya juga belum memadai. Jadi untuk sementara, saya pilih paket satu tahun.

Setelah memilih paket, saya melakukan pembayaran melalui mobile banking. Saya mencoba kembali memahami tutorial yang telah dijelaskan oleh para senior di OBS, tapi masih tidak berubah juga domain saya. Embel-embel blogspot saya masih ada. Panik gak? Panik gak? Panik lah masa nggak! Hahaha. Saya sampai memotong penyampaian materi dari Kak Jihan lho. Untungnya Kak Jihan dengan sabar membantu saya dengan memberikan tutorial pemasangan website blogspot saya ke niagahoster keesokan harinya.

Apakah keesokan harinya langsung bisa? Oh tentu saja tidak! Hahaha.

Kak Jihan mengirimkan video tutorial di grup OBS. Tutorialnya jelas sekali, tapi tutorial untuk wordpress. Mau nangis nggak tuh saya. Makin bingung saya. Mau bilang ke Kak Jihan tapi gak enak.

Oke, mari kita coba lagi! Saya coba baca ulang tutorial yang diberikan di kelas OBS. Saya baca di Blogspot Jadi Domain Berbayar.

Saya log in di www.blogger.com dengan akun saya. Kemudian saya pilih setelan. Nanti ada kategori memublikasikan. Kemudian saya pilih domain kustom. Nanti akan muncul kotak perintah untuk memasukkan domain yang sudah saya beli di niagahoster. Nanti akan muncul link dengan tulisan merah. Setelah itu saya copy paste. Begini tampilannya.

Custom Domain Blogspot Niagahoster
sumber: dokumentasi pribadi


Custom Domain Blogspot Niagahoster
sumber: dokumentasi pribadi

Nah setelah itu saya bingung mau dimasukkan ke mana link-link itu. Saya bolak balik buka youtube, tapi video tutorial yang keluar itu sudah cukup ‘usang’. Sebab videonya keluaran dua tahun lalu, satu tahun lalu. Dalam kurun waktu sepanjang itu, pasti sudah banyak perubahan UI/UX dari website niagahoster dan itu memang benar. Saya sama sekali tidak bisa menemukan tempat di mana tutorial itu tunjukkan.

Pusing banget nih. Mau nangis nih. Akhirnya coba tanya ke Kak Tanjung. Kak Tanjung bilang, coba minta tolong ke Customer Service. Awalnya saya ragu. Biasanya CS suka lambat tanggapannya karena ada banyak orang yang perlu diurus. Tapi dari pada uang saya raib. Kalau coba-coba sendiri nanti malah makin ngawur haha. Jadi saya beranikan diri untuk minta bantuan pada CS.

Syukurnya, respon dari CS sangat cekatan sekali. Kakak CS-nya juga sabar sekali melayani pelanggan.

Awalnya beliau menjelaskan langkah-langkah untuk menghubungkan antara website saya ke custom domain yang sudah saya daftarkan di niagahoster. Sayangnya saya gak ngerti. Parah deh. Sudah dibaca berkali-kali masih nggak paham. Ahirnya kakak CS langsung meminta link yang muncul setelah saya memasukkan custom domain. Setelah beberapa saat, kakak CS mengabarkan kalau CNAME sudah diinput. Beliau meminta saya memeriksa ulang untuk menghindari kesalahan.

Custom Domain Blogspot Niagahoster
sumber: dokumentasi pribadi



Dua CNAME teratas itu yang sudah diinput kakak CS. Setelah diperhatikan lagi, eh ternyata gampang banget lho! Tinggal pilih CNAME di kolom tipe, lalu masukkan link yang sudah di-copy paste. Kita perlu dua CNAME, jadi masukkan dua kali ya. Satunya yang www pada kolom nama dan ghs.google.com di kolom mengarah ke, lalu klik tambah record. Kemudian pilih CNAME lagi pada tipe, lalu masukkan iuy… dan gv-23… dan klik tambah record. Sudah! Mudah kan? Tapi saya gak paham haha.

Jika sudah memasukkan link website kita pada CNAME, selanjutnya adalah kembali ke bagian memublikasikan di blogger, lalu nyalakan tombol alihkan domain. Apakah setelah itu alamat domain saya sudah berubah jadi TLD? Belum haha.

Saya bingung dong. Saya tanya lagi di grup. Kak Tanjung chat saya lagi. Beliau bilang, karena kita pakai blogspot, jadi gak perlu beli hosting. Beli hosting itu hanya untuk pengguna wordpress.

Nah lho, saya bingung lagi. Bukannya domain TLD itu satu paket dengan hosting? Ternyata itu berlaku untuk pengguna wordpress.

Ibaratkan kawasan, Blogspot dan Wordpress itu adalah kawasan yang terpisah. Blogspot itu masuk ke dalam kawasan luas yang disebut Google. Di dalam blogspot, website kita ibaratkan rumah dan alamat website kita adalah alamat rumahnya. Bagi pengguna blogspot, kita hanya perlu bayar sewa untuk custom alamatnya saja supaya embel-embel blogspot tidak ada. Sewa lahan berikut rumahnya gratis.

Di sisi lain, karena Wordpress bukan kawasan Google, jadi lahannya beda dong. Nah lahan, rumah, beserta alamatnya ini yang gak gratis. Lahan dan rumahnya disebut hosting. Sementara alamatnya ini yang biasa disebut custom domain atau Top-Level Domain (TLD). Karena sewa rumahnya tidak gratis ini, makanya harga sewa pengguna Wordpress lebih mahal.

Tapi saya sudah terlanjut bayar paket domain dan hosting. Gimana dong? Kak Tanjung bilang, uangnya bisa direfund kok. Bilang saja ke CS. Akhirnya saya bilang, kemudian saya diarahkan untuk log in ke akun niagahoster dan melakukan live chat di sana.

Saya dilayani oleh Kak Jihan. Tapi ini bukan Kak Jihan di ODOP ya, hehe. Beliau memberi saya link google formulir untuk mengisi data yang diperlukan dalam proses refund. Setelah diisi, tidak sampai setengah hari, uang saya kembali. Jadi saya hanya perlu membayar Rp 142.710,- untuk membeli domain TLD durasi satu tahun.

Custom Domain Blogspot Niagahoster
sumber: dokumentasi pribadi


Ini penampilan blog saya sebelum TLD.

Custom Domain Blogspot Niagahoster

Dan ini setelah menjadi website dengan alamat berbayar.


Custom Domain Blogspot Niagahoster
sumber: dokumentasi pribadi

Begitulah lika liku perjuangan saya mendapatkan TLD untuk website saya ini. Berkat bantuan para senior dan teman-teman di OBS, kakak-kakak CS Niagahoster, serta kekeliruan di sana sini, saya akhirnya mulai sedikit banyak paham tentang dunia blogging.

Perjalanan saya masih panjang. Website ini masih harus dibenahi tata letaknya serta kualitasnya masih perlu ditingkatkan terus menerus. Oleh karena itu, stay tune ya untuk artikel-artikel berikutnya! See you!

 

Related Posts

Posting Komentar