Strategi Membangun Personal Branding untuk Blogger

Posting Komentar

personal branding dalam blogging
Personal Branding untuk Blogger sangat penting bagi seorang blogger, baik pemula maupun yang berpengalaman. Kok bisa? Sebelum kita kupas lebih dalam, kita kenalan dulu yuk dengan personal branding.

personal branding dalam blogging


Apa itu personal branding? Personal branding adalah bagaimana kita berusaha membentuk citra diri kita di mata orang lain. Personal branding ini biasanya diikuti dengan berbagai skill atau keuntungan apa saja yang bisa kita tawarkan.

Contohnya Kak Nadia Omara dari kanal Youtube Nadia Omara. Persepsi orang terhadap beliau adalah seorang storyteller kisah horor dan misteri. Maka skill yang beliau tawarkan adalah kemampuan storytelling.

Personal branding Kak Nadia Omara membuat kemampuan public speaking beliau terekspos ke publik. Pembawaannya santai dan lucu, tetapi ceritanya runtut, logis, serta menarik. Inilah yang membuat para subcribers merasa puas dan terhibur. Kemampuan serta konten yang dibagikan Kak Nadia memungkinkan pengikutnya terus bertambah setiap harinya. Semakin banyak pengikut, maka semakin sering pula kemampuan Kak Nadia terekspos ke publik.

Eskposur ini memiliki peranan yang berbeda, tergantung dari sudut pandang si penerimanya. Bagi Kak Nadia, kemampuan storytelling serta kualitas konten yang bagus memudahkan beliau ditemukan oleh brand yang membutuhkan jasa promosi. Bagi brand, semakin banyak pengikut Kak Nadia di kanalnya juga akan meningkatkan jumlah calon konsumen yang bisa dijangkau oleh brand tersebut. Pada akhirnya, diharapkan permintaan terhadap produk yang dipromosikan Kak Nadia akan meningkat.

Dari sini sudah bisa kita lihat kan betapa pentingnya personal branding? Personal branding akan memudahkan kita untuk ditemukan oleh pelanggan yang membutuhkan jasa kita. Bayangkan, kalau Kak Nadia tidak mengunggah konten storytelling cerita horor dan misteri, apa mungkin para brand tersebut bisa menemukan Kak Nadia? Tentu saja tidak.

Ini juga berlaku untuk blogger. Kalau youtuber membangun citra diri mereka melalui konten di youtube, blogger menunjukkan kemampuan mereka kepada dunia melalui artikel di blog mereka. Kalau produk yang dijual youtuber adalah kanal youtube mereka, maka produk yang dijual oleh blogger adalah blog itu sendiri.

Itulah mengapa personal branding untuk blogger sangat penting. Dengan membangun citra tertentu, pelanggan yang membutuhkan jasa penulisan konten akan lebih mudah menemukan saya. Selain itu, personal branding untuk blogger juga akan memudahkan perusahaan yang ingin merekrut pegawai dengan kemampuan copy writing untuk menemukan saya. Mereka bisa dengan mudah menilai kemampuan saya melalui blog saya ini.

personal branding dalam blogging

Lantas, bagaimana saya mewujudkan hal tersebut? Pertama, saya harus mulai secara konsisten menulis artikel untuk mengembangkan kemampuan menulis saya. Ada satu video motivasi di youtube, di mana si motivator mengatakan bahwa kualitas itu bisa ditingkatkan melalui repetisi. Jadi, saya wajib sering menulis artikel supaya tulisan saya lebih luwes. Kalau sekarang sih masih kaku karena masih terbawa gaya tulisan saat menulis skripsi. Haha.

Kedua, saya harus sering-sering blog walking untuk melihat gaya tulisan blogger lain sebagai referensi. Saya ini orangnya malas sekali membaca topik non-fiksi. Saya sukanya fiksi karena saya tukang halu. Haha. Makanya saya malas sekali membaca artikel di blog orang. Namun, berhubung saya benar-benar serius ingin menjadi blogger, jadi mau tidak mau saya harus menyempatkan diri untuk membaca tulisan rekan blogger lain. Dari sana, saya bisa menerapkan prinsip amati, tiru, dan modifikasi.

Sembari saya mengembangkan kemampuan menulis, saya juga harus menyajikan artikel yang informatif dan kredibel untuk mendongkrak personal branding Caranya adalah dengan melakukan riset secara mendalam dan rinci. Artikel yang berkualitas harus bisa memberikan solusi dari masalah yang dihadapi pembaca. Selain itu, informasinya harus logis dan sumbernya juga jelas. Dengan demikian, pembaca akan merasa puas karena terbantu oleh artikel yang disajikan di blog saya.

Kepuasan ini pada akhirnya akan menumbuhkan rasa percaya terhadap blog saya. Ini akan meningkatkan kemungkinan pembaca kembali mengunjungi blog saya suatu saat nanti ketika berhadapan dengan masalah yang dibahas di blog saya. Bahkan, tidak menutup kemungkinan artikel saya akan memperoleh penilaian baik oleh Mbah Google karena tingginya traffic sehingga blog saya bisa bertengger di halaman pertama pencarian. Hehe.

Terakhir, saya harus terus belajar mengenai dunia blog. Dari mulai cara mendesain tampilan blog, SEO (Search Engine Optimization), sampai masalah teknis. Gunanya untuk menaikkan traffic blog juga.

Kenyamanan pembaca dalam mengeksplor artikel di blog adalah prioritas utama. Oleh karena itu, saya harus bisa menyelesaikan masalah yang menghambat aksesibilitas pembaca terhadap konten di dalam blog saya.

Ngomong-ngomong personal branding untuk blogger, saya ingin dikenal sebagai blogger yang teliti dan objektif. Saya harap, bahasan apa pun yang ada di blog saya, semuanya bisa dibuktikan kebenarannya. Selain itu, saya harap artikel yang saya tulis bisa menjadi solusi dari masalah yang dihadapi para pembaca.

Lalu topik apa sih yang akan dibahas di blog ini? Blog ini akan fokus membahas dua hal, yaitu teknologi dan kecantikan. Teknologi di sini mengarah pada barang-barang teknologi yang dapat memudahkan kehidupan manusia. Dari teknologi alat rumah tangga sampai teknologi untuk memudahkan pekerjaan di kantor atau sekolah.

Di samping itu, di bidang kecantikan sendiri, saya ingin membahas seputar produk skincare dan make up untuk tipe jenis kulit kering dan sensitif serta warna kulit sawo matang. Kenapa tipe kulitnya seperti itu? Karena itu adalah tipe kulit saya. Saya yakin ada banyak orang di luar sana dengan jenis kulit seperti saya yang kesulitan menemukan produk kecantikan. Oleh karenanya, sebisa mungkin saya akan memberikan ulasan berdasarkan pengalaman saya sendiri dalam memakai produk kecantikan.

Kenapa ada dua bahasan? Karena saya sangat suka dengan dua topik tersebut. Jawabannya klise ya? Haha. Seseorang pernah menasihati saya ketika saya kebingungan mau menulis cerita genre apa. Beliau bilang, mulai dari apa yang paling kamu suka dan ada di dekat kamu. Karena saya pemalas, saya suka sekali produk-produk teknologi yang bisa memudahkan pekerjaan saya. Selain itu, saya sangat peduli pada kemaslahatan wajah saya sejak remaja. Akhirnya saya pilih dua topik itu.

Sampai di sini dulu kita cerita tentang personal branding untuk blogger. Yuk, baca artikel pertama saya tentang produk kosmetik Rekomendasi Ombre untuk Kulit Sawo Matang Jangan lupa tinggalkan komentar seputar kritik dan saran yang membangun ya! See you!

Related Posts

Posting Komentar