Cara Memasang Google Analytics & Google Tag Manager di Blogspot

Posting Komentar

Halo semuanya! Jumpa lagi dengan Melinda di Winaya Amerta.

Ada yang pernah dengar tentang Google Analytics?
Google Analytics adalah layanan yang disediakan oleh Google untuk mengoptimalkan performa blog. GA akan menyajikan laporan analisis data statistik yang telah direkam oleh sistem.

Bukankah akun blogger.com sudah menyediakan menu statistik? Untuk apa masih memakai GA lagi?

Blogger.com memang sudah menyediakan menu statistik, tetapi hasil perhitungannya masih sangat umum dan sederhana. Di sana hanya tersedia grafik jumlah pengunjung pada postingan terbaru dan jumlah pengunjung bulanan. Tidak ada data pengunjung yang lebih spesifik seperti berapa pengunjung yang mengakses website dari mesin pencari, berapa lama pengunjung tinggal di halaman website, dan sebagainya. Oleh karena itu, para pemilik website perlu memasang Google Analytics untuk mempelajari perilaku para pengunjung website untuk meningkatkan kinerja blog.

Lantas bagaimana cara memasang Google Analytics? Langsung saja kita bahas tutorialnya. Check this out!

Membuat Akun Google Analytics

Kenapa harus punya akun? Bukankah sudah ada akun email kita, yang ada embel-embel @gmail.com? Akun GA berbeda dengan akun email google. Akun email google bisa memiliki lebih dari satu akun GA. Ibaratnya ada satu orang yang memiliki akun blabla@gmail.com. Dia memiliki beberapa perusahaan. Maka blabla tidak perlu membuat akun email google baru untuk mengakses layanan GA. Blabla bisa menggunakan akun blabla@gmail.com untuk akun analytics bisnis A, bisnis B, dan seterusnya.

Lantas bagaimana cara membuat akun analytics?

1. Masuk ke laman Google Analytics

Klik https://analytics.google.com. Tampilannya akan seperti di bawah ini. Pilih ikon kotak empat.

cara menggunakan google analytics

Nanti akan muncul tampilan seperti ini.

cara menggunakan google analytics

Kemudian pilih analytics. Nanti akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Di bagian kanan atas, pilih Sign in to Analytics.

cara menggunakan google analytics

Setelah itu akan muncul halaman seperti di bawah ini. Kita pilih mulai mengukur.

cara menggunakan google analytics

Nanti akan muncul halaman yang menampilkan lima tahapan pembuatan akun.

2. Buat nama akun

Masukkan nama apa saja sesuka kita, bisa nama perusahaan atau nama website kita. Kalau saya sih memasukkan nama asli saja.

cara menggunakan google analytics

3. Buat properti

Tahap selanjutnya adalah pembuatan properti. Di dalam satu akun bisa ada beberapa properti. Misalnya Anda memiliki tiga website dengan niche yang berbeda, maka Anda tidak perlu membuat tiga akun analytics. Anda hanya perlu membuat properti baru setelah akun telah dibuat.

Kembali ke topik. Untuk pemberian nama properti, disarankan menggunakan nama website yang kita miliki agar lebih mudah dalam menemukan data website mana yang ingin dianalisis datanya. Saya juga memberi nama properti saya dengan nama blog saya, Winaya Amerta.  Kemudian atur negara, zona waktu, serta mata uang sesuai dengan domisili kita saat ini. Setelah diisi, klik berikutnya.

cara menggunakan google analytics

4. Pilih jenis bisnis

Tahap ketiga dari pembuatan akun adalah rincian bisnis. Pilih sesuai dengan bahasan website kita. Untuk jumlah karyawan, sesuaikan dengan kebutuhan ya. Karena ini website pribadi saya, jadi saya pilih ukuran bisnis kecil dengan 1-10 karyawan
cara menggunakan google analytics
5. Memilih tujuan bisnis

Pilih memperoleh prospek dan meningkatkan brand awareness. Tujuannya supaya bisa melihat pageview.

cara memasang google analytics

Setelah memilih tujuan bisnis, klik buat. Nanti muncul kotak perjanjian persyaratan layanan google analytics seperti di bawah ini.

cara menggunakan google analytics

Ada dua kotak yang perlu dicentang. Centang semuanya lalu klik saya setuju.

Tada! Akun GA berhasil dibuat! Sekarang kita masuk ke tahap terakhir, yaitu tahap pengumpulan data. Tahap ini bisa disebut juga dengan tahap pemasangan GA.

Cara Memasang Google Analytics

Pada tahap kelima pembuatan akun GA akan muncul halaman seperti berikut.

cara menggunakan google analytics

Karena kita mau pasang GA untuk blog, maka klik web. Nanti akan keluar tampilan seperti di bawah ini.

cara menggunakan google analytics
Masukkan domain website kita, lengkap dengan www. Jangan lupa masukkan nama aliran data juga. Saya memberi nama aliran data saya dengan nama yang sesuai dengan blog saya ini, Winaya Amerta. Setelah itu klik buat aliran data.

Setelah aliran data dibuat, akan muncul detail aliran data web seperti di bawah ini.


Salin ID pengukuran lalu masuk ke akun blog kita, klik setelan, lalu pilih ID Pengukuran Google Analytics, masukkan ID Pengukuran (lingkaran merah) yang kita salin tadi. Langkah selanjutnya adalah kembali ke halaman google analytics, lalu klik lihat petunjuk tag (lingkaran coklat). Nanti akan muncul tampilan seperti ini.

cara memasang google analytics
Karena kita menggunakan blogspot, maka pilih instal secara manual.

cara menggunakan google analytics

Salin kode yang ditampilkan, lalu kita parsing dulu kodenya. Saya masuk ke https://deevacollection/p/parsing-tools.html lalu paste kode yang disalin tadi > klik parse code > copy code to clipboard.

Kemudian kembali ke akun blogger > tema > sesuaikan > cadangkan tema > download. Kita perlu mencadangkan tema yang kita gunakan sebelumnya sebagai antisipasi jika terjadi eror saat penyesuaian kode html.

Setelah tema didownload, pilih sesuaikan  > edit html > ctrl + f > cari kata kunci head > klik enter setelah <head> dan paste kode yang telah diparsing, kemudian save.

Kembali ke akun analytics dan kembali ke beranda. Analytics membutuhkan waktu 1x24 jam untuk mengumpulkan data. 

Apakah Google Analytics sudah berjalan atau belum?

Mari kita lihat ke pojok kiri bawah, di sana ada menu admin (lingkaran merah), lalu klik admin. Setelahnya akan keluar deretan menu, lalu scroll ke bawah, pilih debug view (lingkaran hijau).

cara menggunakan google analytics

Jika belum berjalan, maka tampilan yang muncul adalah ‘sedang menunggu peristiwa debug’.

cara memasang google tag manager

Menunggu selama 1x24 jam itu terlalu lama. Ada satu metode yang bisa mempercepat pengumpulan data website kita oleh analytics. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menggunakan Google Tag Manager. Yuk, simak tutorialnya! Check this out!

Baca juga: Lika Liku Mengubah Domain Gratis menjadi Custom Domain

Cara Memasang Google Tag Manager

1. Buat akun Google Tag Manager

Masukkan nama akun, nama website kita, lalu klik web pada menu platform target. Setelah itu klik buat.


cara memasang google tag manager
Nanti akan muncul perjanjian persyaratan layanan google tag manager. Klik saja bagian saya juga menyetujui, lalu pilih ya.

cara memasang google tag manager

Kode instalasi google tag manager akan muncul. Kode tersebut perlu dimasukkan ke akun blogspot kita. Caranya masih sama seperti yang sebelumnya, yaitu copy kode dan parsing kode. Copy hasil parsing, lalu kembali lagi ke akun blogspot.

2. Memasang akun google tag manager ke blogspot
Di akun blogspot, pilih tema. Pilih opsi edit html pada bagian sesuaikan tema lalu paste kode yang sudah diparsing tadi tepat di bawah <head> dan simpan.

cara memasang google tag manager

Sekarang kita salin kode yang kedua, yaitu kode yang ada di bawah kode yang pertama tadi. Lakukan tahap seperti sebelumnya. Parsing kode lalu salin.
cara memasang google tag manager

cara memasang google tag manager

Kita perlu kembali lagi ke akun blogspot, masuk di bagian edit html. Sembarang klik lalu klik tombol ctrl dan f, lalu masukkan kata kunci <body. Lengkap dengan tanda ‘<’ sebelum kata body. Kemudian enter setelah tanda ‘>’ dari body, lalu paste kode yang diparsing tadi, save.

Tahap selanjutnya adalah menambahkan tag baru. Kembali ke google tag manager, lalu pilih tambahkan tag baru.

cara memasang google tag manager

Beri nama tag baru dengan nama properti atau akun tag manager kita. Saya memberi nama tag barunya dengan Winaya Amerta. Nanti akan muncul halaman seperti di bawah ini, lalu pilih simbol pena yang ada di pojok kanan atas konfigurasi tag.

cara memasang google tag manager

 Setelah dipilih bagian itu, nanti akan muncul tampilan seperti di bawah ini.
cara memasang google tag manager

Pilih Google Analytics: Konfigurasi GA4. Nanti akan muncul tampilan seperti berikut ini.
cara memasang google tag manager

Id pengukuran dapat diperoleh dengan kembali lagi ke akun analytics. Kita pergi ke menu admin, lalu pilih aliran data atau data streams. Klik aliran data kita.
cara memasang google tag manager


Nanti akan muncul tampilan seperti ini. Salin ID pengukuran di pojok kanan atas. Setelah itu kita kembali ke google tag manager.

cara memasang google tag manager
Masukkan kode yang disalin tadi pada kolom ID Pengukuran. Pilih kolom untuk ditetapkan, lalu tambahkan nama kolom dengan nama Page View. Setelah itu scroll ke bawah. Sekarang kita akan memilih trigger.

Di bagian trigger, klik ikon pena di pojok kanan atas. Nanti akan muncul tampilan seperti ini.
cara memasang google tag manager

Pilih All Pages. Setelahnya akan muncul halaman seperti ini, klik simpan. Tampilan yang akan muncul setelah perubahan disimpan adalah seperti ini.

cara memasang google tag manager

Bagaimana cara memeriksa apakah google tag manager dan google analytics 4 sudah tersambung atau belum? Caranya klik pratinjau. Halaman yang muncul akan seperti ini.

cara memasang google tag manager

Masukkan alamat website kita, lengkap dengan https:// dan klik ‘connect’. Kita akan dibawa ke blog kita.

cara memasang google tag manager

Kembali ke tab analytics, pilih admin, lalu klik debug view.
cara memasang google tag manager
Hasilnya masih menunggu. Maka, kembali ke pratinjau.
cara memasang google tag manager

Hasilnya sudah tersambung, lalu klik continue. Kembali lagi ke google analytics. Setelah beberapa saat halaman debug view akan mulai berjalan seperti ini.

cara memasang google tag manager

Lalu tahap terakhir adalah kirim.
cara memasang google tag manager

Beri nama lalu publikasikan.
cara memasang google tag manager

Ini hasilnya setelah berhasil dipublikasikan.

cara memasang google tag manager

cara memasang google tag manager

Fyuh, akhirnya rampung juga. Semoga panduang cara memasang google analytics. Mohon maaf artikelnya jadi panjang karena digabung dengan cara memasasang google tag manager iniπŸ™.

Meskipun harus melalui proses yang cukup panjang dan mungkin cukup njelimet, saya harap tutotial ini cukup membantu untuk teman-teman semua, ya!πŸ˜„ Yuk, tingkatkan performa blogmu dengan cara memasang google analytics dan google tag manager! See you.πŸ˜†








Related Posts

Posting Komentar