Tempat Healing Bernuansa Alam

Posting Komentar

 

Saya ini anak rumahan banget. Jarang sekali pergi ke luar. Kalau tidak ada yang mengajak pergi ke luar, ya, saya tidak kemana-mana, haha.

Namun akhir-akhir ini saya sedang banyak pikiran. Kalau warga di twitter suka menyebutnya quarter life crisis. Fase ini umum dialami oleh orang dewasa muda seperti saya ini. Masa di mana orang-orang berusia 18-30 tahun merasa tidak memiliki arah, khawatir, dan bingung atas ketidakpastian kehidupannya di masa depan. Biasanya orang-orang di fase ini bawaannya ingin healing mulu. Contohnya seperti saya ini, haha.

Kalau ingin healing, ingin rasanya pergi ke tempat yang memanjakan mata tapi bernuansa alam. Ada beberapa tempat healing bernuansa alam yang sangat ingin saya kunjungi.

1. Geoforest Watu Payung Turunan

tempat healing terbaik di Indonesia
sumber: datawisata.com
Anda bisa menikmati pemandangan sunrise yang begitu indah di Geoforest Watu Payung Turunan. Lokasinya terletak di tengah hamparan pegunungan Dusun Turunan, Desa Girisuko, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jaraknya hanya sekitar 30 kilometer dari Kota Yogyakarta. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, yakni hanya Rp 5.000,- per orang.

Watu Payung sangat cocok dijadikan tempat untuk healing. Sejuknya angin pagi dan indahnya sinar kemerahan matahari membuat hati merasa tenang. Selain itu, latar belakang matahari terbitnya juga bisa diabadikan dalam foto sebagai kenang-kenangan.

2. Pantai Nihiwatu, Sumba

tempat healing terbaik di indonesia
sumber: daedi.com

Kalau tadi tempat healing bernuansa alam yang menyuguhkan sunrise, kali ini ada Pantai Nihiwatu di Sumba yang menyuguhkan pemandangan sunset yang menawan. Pantai ini terletak di wilayah Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pantai Nihiwatu menduduki peringkat 17 dari 100 pantai terbaik di Asia loh. Namun, pantai sepanjang 2,5 kilometer ini masih belum banyak diketahui banyak orang. Air laut yang jernih dan pasir putih merupakan daya tarik utama dari pantai ini. Selain itu, bisa membuat diri merasa damai begitu memandangnya.

Untuk bisa menikmati keindahan alam di Pantai Nihiwatu, Anda perlu sedikit merogoh kocek lebih dalam. Sebab, hanya orang-orang pengunjung resort Nihiwatu saja yang bisa masuk ke pantai ini.

Lihat juga: Urutan Make Up Kulit Kering

3. Telaga Warna, Dataran Tinggi Dieng

tempat healing terbaik di indonesia
sumber: travel.kompas.com

Telaga Warna terletak di Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Lokasinya dekat dengan Candi Arjuna dan Kawah Sikidang. Tempat wisata healing bernuansa alam yang satu ini buka mulai 06.30 WIB dan tutup pukul 16.00 WIB. Tarif tiketnya hanya Rp 22.000,- pada hari biasa dan hari libur.

Dilansir dari wikipedia, warna telaga ini kerap berubah-ubah. Terkadang, air dari telaga ini berwarna warni seperti pelangi. Namun, di lain waktu warnanya berubah menjadi hijau dan kuning. Fenomena ini terjadi karena ada kandungan sulfur yang cukup tinggi di dalam air telaga ini. Jika sinar matahari mengenainya, maka akan memantulkan cahaya yang tampak berwarna warni.

Karena lokasinya yang berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, udara di Telaga Warna sangat sejuk dan bersih. Inilah yang membuat saya sangat ingin berkunjung ke sana.

4. Pantai Semeti, Lombok

sumber: google maps Danang Priambodo

Pantai ini terletak di Jalan Pantai Mawi, Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Dilansir dari nativeindonesia.com, pantai ini buka selama 24 jam sehari selama 7 hari seminggu. Tiket masuk untuk wisatawan domestik hanya Rp 5.000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000,- untuk pengunjung yang membawa mobil.

Pantai ini memiliki daya tarik yang unik karena memiliki batuan karang yang biasa disebut kryptonite. Hamparan pasir putihnya begitu cantik dipadu dengan deburan ombak merupakan penyembuh jiwa yang ampuh. Apalagi, pantai ini masih sepi, sehingga bisa menjadi destinasi tempat wisata yang cocok untuk healing.

 

5.  Pulau Cinta, Gorontalo

tempat healing terbaik di indonesia
sumber: regional.kompas.com

Destinasi wisata ini sangat cocok untuk healing bersama pasangan. Pulau Cinta kerap disebut Maldive-nya Indonesia. Pemandangan laut yang lapang dan air laut yang jernih bisa membantu menjernihkan pikiran yang berkecamuk. Keindahan terumbu karang juga begitu memanjakan mata.

Pulau ini terletak di Teluk Tomini, Patoameme, Botumoito, Kabupaten Boalemo, Gorontalo, Sulawesi Utara. Kedalaman dari perairannya sekitar dua sampai tiga meter.

Penginapan di sini berupa cottage. Fasilitasnya ada kamar, teras, ruang keluarga, dan kolam renang pribadi. Biaya yang perlu dikeluarkan adalah Rp 3.500.000 – Rp 5.000.000 per malam. Biaya ini sudah termasuk transportasi dan makan tiga kali sehari.

 

6. Danau Toba dan Bukit Holbung

Dana Toba merupakan salah satu tempat yang ingin saya kunjungi untuk healing. Dilansir dari Disbudpar Sumatra Utara, Danau Toba adalah sebuah danau tekto-vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Di tengah danau ini terdapat pulau vulkanik, yaitu Pulau Samosir.

Ada banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi di sekitar Danau Toba, salah satunya adalah Bukit Holbung. Bukit ini terletak di Kabupaten Samosir, Sumatra Utara. Dari bukit ini, Anda bisa menikmati pamandangan Danau Toba dan matahari terbenam.

 

tempat healing terbaik di indonesia
sumber: travel.kompas.com

7.  Oro-Oro Ombo, Gunung Semeru

sumber: instagram.com/surya_kavy

Tempat healing bernuansa alam yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang suka mendaki. Oro-oro Ombo terkenal dengan keelokan bunga verbenanya. Lokasinya sendiri berada di jalur pendakian Gunung Semeru. Untuk bisa menikmati pemandangan bunga-bunga yang bermekaran di sana, Anda perlu mendaki selama 5-6 jam dari Rani Pani.

Wah, effort banget ya? Haha. Oleh karena itu, pastikan kondisi badan kalian prima, agar proses pendakian berjalan lancar.

Lihat juga: Makan Siang di Bakso Gajah Mungkur Unsri

Penutup

Demikian tujuan tempat healing yang sangat ingin saya kunjungi. Tempatnya tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, biaya yang diperlukan untuk ke sana juga beraneka ragam, dari yang terjangkau sampai yang cukup mahal, haha. Yah, namanya juga impian. Siapa tahu bisa terkabul, Aamiin. Bagi Anda yang sudah pernah berkunjung ke tempat-tempat di atas, yuk boleh sharing di kolom komentar! Hehe

Related Posts

Posting Komentar